SEKRETARIS DI ERA GLOBALISASI
2015
04.08
04.08
SEKRETARIS DI ERA GLOBALISASI
Banyak orang berpendapat bahwa Personal Assistan dan Sekretaris adalah posisi karir mentok, yang sulit untuk berkembang sehingga sudah belasan tahun tetap saja menjadi PA (Personal Assistant) atau Sekretaris. Keuntungan mengembangkan PA atau Sekretaris adalah mereka lebih banyak tahu tentang perusahaan sebab PA dan Sekretaris biasanya akan selalu terlibat di meeting-meeting managemen, sebab berhubungan dengan surat menyurat perusahaan sehingga banyak tahu tentang apa saja yang berhubungan dengan bisnis perusahaa, bahkan mau tidak mau akan banyak tahu tentang operasional perusahaan.Pada Era Global saat ini sungguh banyak persaingan yang begitu ketat di berbagai bidang didalamnya. Persaingan itu tidak lepas dari semua unsur kebutuhan umat manusia yang selalu berkembang setiap detiknya. Disini sangatlah jelas harus adanya upaya reformasi untuk sebuah perubahan yang dapat menjawab semua tantangan perkembangan era global, termasuk pula upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas.
Seorang sekretaris pada era global harus menampilkan Citra perusahaan. Dengan begitu Citra perusahaan adalah hal yang harus dijunjung tinggi. Hal ini dikarenakan sekretaris adalah tangan kanan atasannya, maka sekretaris juga harus menampilkan citra perusahaan yang baik. Selain itu seorang sekretaris harus ramah, baik dan bertanggung jawab pada semua tugasnya, dan juga baik kepada relasi dan kawan sekantor. Disamping sekretaris harus pandai menjaga rahasia perusahaan maupun rahasia pribadi atasannya tersebut. Seorang Sekretaris bukan hanya harus pandai dalam hal penampilan seperti berdandan, berpakaian. bukan hanya itu seorang sekretaris juga harus up date terhadap kemajuan teknologi misalnya teknologi informasi. Seorang sekretaris juga harus menguasai Accounting dan pembukuan agar bisa melakukan pembukuan kantor. Pandai dan menguasai bahasa asing adalah nilai tambah yang harus dimiliki oleh seorang sekretaris. Hal itu ditharuskan karena biasanya sekretaris selalu diminta atasannya untuk bertemu dengan relasi yang berasal dari luar negeri. Biasanya seorang sekretaris setiap harinya berkomunikasi dengan tamu- tamu dengan berbagai tingkatan atau golongan. seorang sekretaris diharuskan mampu berkomunikasi dengan baik dan menguasai bahasa Indonesia dan beberapa bahasa asing dengan baik.
Di zaman era globalisasi, sekretaris harus mengembangkan diri mengikuti perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada zaman era globalisasi Para sekretaris yang profesional harus dapat mengikuti perkembangan itu sehingga mampu dapat mengatasi perubahan dan dapat bekerja semaksimal mungkin untuk menghadapi dunia kerja seorang sekretaris dengan daya saing yang semakin maju.
Berikut pengetahuan dan wawasan yang harus diketahui oleh seorang sekretaris adalah sebagai berikut :
a. Pengetahuan akan bidang usaha tempat kita bekerja
b. Pengetahuan akan produk dari perusahaan
c. Pengetahuan akan Rekanan bisnis pimpinan
d. Pengetahuan akan pesaing dari perusahaan
Seorang diri sekretaris juga perlu memperhatikan kecerdasan logika dalam emosi kita, diantaranya yaitu :
a. Meningkatkan profesionalisme kerja dan lingkungan kerja yang nyaman
b. Mampu menggunakan emosi secara efektif untuk mencapai tujuan (pengendalian emosi)
c. Memahami emosi orang lain
Sippp
BalasHapusmakasih
BalasHapus